February 21, 2018

Definisi Organisasi dan Contoh Struktur Organisasi Sederhana

bagan struktur organisasi, ciri ciri organisasi, contoh struktur organisasi, definisi organisasi, definisi perilaku organisasi, definisi struktur organisasi, desain struktur organisasi, etika organisasi, format struktur organisasi, fungsi organisasi, gambar struktur organisasi

Membahas soal struktur organisasi pasti tidak lepas dari yang namanya organisasi, ciri organisasi, unsur dan tujuan organisasi itu diciptakan. Sebab buat apa suatu organisasi dibuat, bila tidak mempunyai tujuan yang jelas. Rugi.... jadi di sini akan kita bahas melalui kumpulan materi keorganisasian mulai apa itu organisasi hingga bagaimana bentuk struktur organisasi sederhana.

Materi Organisasi merupakan materi yang membahas tentang segala sesuatu dan seluk beluk organisasi. Materi ini memiliki muatan pokok yang harus dimiliki anggota agar memahami apa yang menjadi Hak dan Kewajiban, juga soal koordinasi dan pertanggung jawaban.

Di Shunt, materi keorganisasian selalu diberikan pada saat pendidikan dan latihan (DIKLAT) anggota baru sebagai materi dasar berorganisasi, tanpa mengerti keorganisasian, Organisasi ataupun Anggota organisasi akan mengalami kesulitan dalam menjalankan dan mencapai visi, misi dan tujuan organisasi.

Pengertian Organisasi

Jika kita membahas keorganisasian maka kita perlu tau apa itu organisasi ? Sebab kata dasar dari keorganisasian adalah organisasi. Meskipun banyak definisi yang berbeda dari para ahli tentang pengertian organisasi, namun kita masih tetap bisa mengambil garis utama dari definisi organisasi, yaitu organisasi adalah suatu wadah yang dibuat sebagai tempat untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional, sistematis, terpimpin, terencana, dengan memanfaatkan sumber daya, infrastruktur dan lain-lain yang dapat dipergunakan untuk mewujudkan tujuan organisasi.

baca juga :


Ciri-ciri Organisasi

Sampai di sini banyak orang yang bingung soal perbedaan organisasi dan komunitas. Ada yang tau?

Baik, secara umum ada 5 yang bisa kita lihat dari ciri-ciri organisasi :

1. Adanya pimpinan dan Anggota/Bawahan.
2. ‎Terdapat Kerjasama Yang Tersetruktur.
3. ‎Mempunyai Tujuan dan Target
4. ‎Adanya Aturan tertulis yang harus ditaati
5. ‎Pembagian / delegasi Tugas.


Berbeda dengan Komunitas, komunitas hampir mirip dengan organisasi, hanya saja TIDAK memiliki Aturan Tertulis yang dikenal sebagai AD/ART sehingga tidak ada ikatan sama sekali kecuali kesamaan, hobi misalnya.

Sedangkan menurut seorang ahli bernama Berelson dan Steiner (1964). menyatakan Organisasi setidaknya memiliki empat ciri yaitu :

  • Formalitas, ciri organisasi yang menunjuk adanya perumusan tertulis pada peraturan, ketetapan, kebijakan, prosedur, tujuan, setrategi, dan sebagainya.

  • Hierarki, menunjuk pada suatu pola kekuasaaan serta wewenang baik pengurus maupun anggota yang membentuk piramida. Dimana paling puncak adalah Pemimpin.

  • Besarnya & Kompleksnya, tidak sama seperti group, organisasi pada umumnya mempunyai banyak anggota biasanya hubungan antar anggota tidak bisa langsung dalam menjalankan tugas dan wewenang, sehingga diperlukan sebuah aturan untuk bertindak yang disebut “birokrasi”.

  • Lamanya (Duration), menunjukkan bahwa eksistensi (keberasaan) organisasi lebih lama daripada keberadaan keanggotaan pada organisasi itu sendiri atau reorganisasi alias pergantian pengurus.

Tujuan Organisasi

Sesuai dengan defisini organisasi di atas, bahwa organisasi terbentuk dari sekumpulan orang yang memiliki visi, misi dan tujuan yang sama, yang kemudian dipilih salah seorang dari kelompok tersebut untuk menjadi ketua atau pempimpin dalam kelompok tersebut dan dibuatkan sebuah aturan-aturan yang mengikat sekaligus sebagai landasan dalam mencapai visi, misi dan tujuan. Aturan ini juga biasa disebut AD/ART (Anggaram Dasar, Anggaran Rumah Tangga).

Sehingga tujuan organisasi dibentuk adalah mencapai visi, misi dan tujuan dari semua anggotanya.

Struktur Organisasi Sederhana

Berbeda dengan komunitas, organisasi memiliki struktur organisasi yang menjelaskan alur birokrasi, posisi dan tanggung jawab pengurus. Pengurus adalah anggota-anggota yang dipilih untul mengisi jabatan-jabatan dalam organisasi, dimana jabatan-jabatan dalam organisasi paling sederhana adalah :

1. Pemimpin atau Ketua
2. ‎Sekretaris
3. ‎Bendahara
4. ‎Seksi-seksi

Jabatan-jabatan di atas antara satu organisasi dengan organisasi lain bisa berbeda karena jabatan tersebut dibuat sesuai kebutuhan organisasi.

Di dalam struktur Organisasi Shunt

1. Ketua Umum
2. ‎Ketua Harian
3. ‎Sekretaris
4. ‎Bendahara
5. ‎Bidang (Seksi-Seksi)
     - Bid. Peralatan dan perlingkapan
     ‎- Bid. Pendidikan dan Pelatihan
     ‎- Bid. Tebing Alam
     ‎- Bid. Olahraga (Atlet)
     ‎- Unit. SAR
     - Litbang

Yang masing-masing mempunyai tugas dan wewenang dalam organisasi. Yang dijabarkan sebagai berikut :
1. Ketua Umum adalah pimpinan utama dalam struktur organisasi yang bertanggung jawab penuh atas setiap program kerja, visi, misi dan tujuan organisasi, baca 8 tugas pemimpin organisasi.

2. ‎Ketua Harian, memiliki wewenang dan tanggung jawab yang sama dengan Ketua Umum hanya saja Ketua Harian bertugas sebagai pengganti Ketua Umum.

3. ‎Sekretaris, bertugas melakukan pengarsipan dokumen organisasi, membuat schedule berdasarkan keputusan rapat dan memastikan dapat terlaksana dengan cara mengingatkan Ketua terhadap schedule.

4. ‎Bendahara, bertugas mengatur keuangan organisasi, dari bagaimana cara mendapatkan hingga mengelola untuk kebutuhan organisasi.

5. ‎Bidang, merupakan penjabaran dari program kerja organisasi yang setiap tahun diadakan seperti, Recruitment Anggota ( Diklat), mengikut kompetisi/lomba, pengadaan serta perawatan alat, pendataan serta perawatan tebing dan mengikuti pelatihan serta relawan SAR. Sehingga diperlukan orang-orang khusus untuk menjadi pemimpin bidang agar program dapat dikerjakan lebih fokus.

Contoh Struktur Organisasi

bagan struktur organisasi, ciri ciri organisasi, contoh struktur organisasi, definisi organisasi, definisi perilaku organisasi, definisi struktur organisasi, desain struktur organisasi, etika organisasi, format struktur organisasi, fungsi organisasi, gambar struktur organisasi
Struktur Organisasi SHUNT. Menurut AD/ART Th. 2011


Dapat dilihat bahwa terdapat garis putus-putus dan garis lurus, dimana garis putus-putus adalah garis koordinasi, maksudnya antar jabatan, antar bidang bisa saling berkoordinasi apabila memiliki program kerja yang sama atau jadwal yang sama.

Sedangkan garis lurus adalah garis pertanggung jawaban maksudnya setiap jabatan dan bidang bertanggung jawab langsung kepada ketua Harian, ketua Harian bertanggung jawab langsung pada ketua Umum.

Selain soal struktur organisasi, kalian juga bisa klik materi organisasi untuk melihat materi-materi lain. 

No comments:

Post a Comment

SHUNT sangat berharap anda meninggalkan komentar yang membangun sehingga dapat membawa SHUNT ke arah yang lebih baik. Terima kasih